mencari kasus (konflik) yang terjadi dan solusinya kemudian analisis kasus/konflik tersebut dari sudut pandang etika bisnis

Nama      : Diah Mulyani

Kelas       : 4EA06

NPM        : 10208364

indosat sangat cepat menyedot pulsa tapi lam dikembalikan

Sejak Tanggal 06 Februari 2011, saya sudah melaporkan permasalahan saya kepada CALL CENTRE INDOSAT tentang Paket BB saya yang sudah diperpanjang otomatis, tetapi kemudian dikatakan belum diperpanjang dan saya cek, pulsa saya sudah berkurang 100.000.

Dikatakan oleh CALL CENTRE INDOSAT bahwa laporan saya akan diproses “MAKSIMAL” 7×24 jam. Saya tunggu hingga tanggal 12 Februari 2011 jam 7 malam, yang dimana pada siang harinya tanggal 12 Februari 2011, saya sudah menanyakan tentang nasib laporan saya kepada CALL CENTRE INDOSAT. Namun saya tunggu-tunggu, ternyata tidak ada konfirmasi sama sekali dari INDOSAT, padahal sudah mencapai batas MAKSIMAL yang diberikan INDOSAT sendiri. Pada hari yang sama, saya langsung menelepon CALL CENTRE INDOSAT dan saya diminta menunggu lagi 1×24 jam, yaitu 13 Februari 2011, yang ternyata juga tidak ada kabar.

Tanggal 13 Februari 2011 saya telepon lagi ke CALL CENTRE INDOSAT dikatakan akan dibuatkan laporan lagi dan ditunggu MAKSIMAL 7×24 jam (lagi), yaitu 20 Februari 2011, yang juga ternyata tidak ada konfirmasi sama sekali dari pihak INDOSAT, dan saya diminta menunggu LAGI MAKSIMAL 7×24 jam.

Dalam selang waktu itu, saya selalu menelepon CALL CENTRE INDOSAT berkali-kali, bahkan INDOSAT sendiri dapat mengeceknya di call record CALL CENTRE INDOSAT 54388888, namun waktu dan emosi, serta tenaga yang saya relakan demi permasalahan saya ini agar cepat terselesaikan, tidak sebanding dengan pihak INDOSAT yang tidak memberikan konfirmasi langsung sama sekali kepada saya untuk setidaknya memberikan jaminan bahwa pulsa saya akan dikembalikan atau paket BB saya akan diaktifkan kembali.

Saya juga mengirimkan e-mail ke costumer_service@indosat.com berkali-kali, dan hanya dijawab dengan jawaban klise, bahwa laporan saya sedang diproses, yang dimana tidak memberikan saya sedikit kelegaan bahwa laporan saya benar-benar ditangani dengan serius oleh pihak INDOSAT

Dan saat ini, 24 Februari 2011, sudah hampir 3 minggu, saya berkali-kali bertanya bagaimana kelanjutan dari laporan saya,yang selalu dijawab “masih dalam proses”, tidak pernah ada telepon dari INDOSAT langsung untuk menjelaskan dan memberikan jaminan terhadap permasalahan saya ini.

Solusi nya :

Dalam menghadapi konsumen sebaiknya harus selalu ramah dan sopan, lebih memberikan penjelasan yang detail dan memuaskan kepada konsumen, karena Konsumen adalah raja. Itulah pepatah bijak yang acap kita dengar. Tentu pepatah itu punya makna mulia.Konsumen, sebagai pengguna akhir barang/jasa, berposisi lebih tinggi dibanding pelaku usaha, sebagai penyedia barang/jasa.

Dari sudut pandang etika bisnis :

Para produsen harus memperhatikan lagi kritik maupun saran dari konsumen.

Leave a Reply

